Tujuh Tip Komunikasi Efektif

 Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Tanpa komunikasi, tak ada suatu transaksi pun yang bisa terjadi, tak ada transfer ilmu, data dan sebagainya yang mungkin dilakukan. Sebagai makhluk sosial, komunikasi memegang peranan paling krusial dalam kehidupan manusia.

Bagaimanapun, kemampuan komunikasi seseorang takkan tumbuh dan lahir begitu saja. Maka dari itu dibutuhkan suatu pelatihan komunikasi agar mampu membangun komunikasi yang efektif. Pelatihan komunikasi sangatlah penting khususnya dalam bidang pemasaran. Takkan bias diraih target penjualan dan peningkatannya jika tidak dibarengi dengan pelatihan komunikasi yang efektif dan berkesinambungan.
Sebelum bicara lebih jauh mengenai teknik pelatihan komunikasi, mengenali kemampuan diri dan melatihnya untuk berkomunikasi secara efektif adalah hal yang pertama. Berikut ini tujuh tips yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda :
1. Bicaralah Sesuatu yang Kita Ketahui
Membicarakan sesuatu yang kita ketahui atau pernah kita alami akan membuat kata-kata anda memiliki jiwa dan terdengar lebih kokoh.
2. Dengarkan Suara Kita Sendiri
Bicara lah tentang sesuatu hal yang pernah kita alami. Rekam dan dengarkan dengan seksama. Dapat anda rasakan apakah cukup meyakinkan dan cukup berbobotkah  komunikasi kita terdengar ?
3. Jangan Malu
Jika anda berada dalam suatu kelompok dan ingin bicarakan sesuatu, lakukanlah dengan natural, jangan malu sekalipun anda kurang begitu menguasai topic tsb. Takut salah dan takut malu hanya akan membuat anda mundur sebelum melangkah.
4. Lakukan kontak mata
Kontak mata dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu dengan kontak mata, anda seakan telah menghilangkan jarak anda dengan lawan bicara.
5. Sedikit bercanda
Humor dan candaan adalah perlu dalam komunikasi. Dengan porsi dan sasaran yang tepat, candaan dan humor membantu mencairkan suasana dan menyegarkan pikiran.
6. Jadilah bagian dari mereka
Jika anda memposisikan diri sama dengan lawan bicara, maka anda akan semakin mudah memasukkan atau menawarkan nilai yang anda punya.
7. Tersenyumlah
Sama halnya dengan kontak mata, tersenyum akan membuat lawan bicara anda tertarik dan akhirnya kita akan lebh mudah menyampaikan tujuan komunikasi.
Demikian 7 tips pelatihan komunikasi efektif yang dapat anda terapkan. Semoga dengan mempraktekkannya, banyak manfaat yang dapat anda raih, yang akhirnya berujung pada meningkatnya kualitas diri kita.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDIA PELATIHAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger